Menu
×

Senja Syahdu Di Kalibiru

Kalibiru adalah alternatif dari destinasi wisata Puncak Suroloyo, yang makin membuat Yogyakarta adalah tempat menyenangkan untuk menikmati suasana alam. Lokasinya pun masih berada di Perbukitan Menoreh, yang masih berada di daerah Kulon Progo. Pegunungan Menoreh adalah tempat yang ramah bagi siapapun, hanya berjarak satu jam berkendara dari Yogyakarta, hawa dinginnnya akan selalu membuat siapapun kangen untuk kembali ketempat ini.

 

Tidak ada lagi perasaaan yang terburu – buru oleh hiruk pikuk jalanan kota, semuanya pasti akan mendadak tenang dan tiba-tiba tentram di sini. Tidak keriuhan sepeda motor berseliweran, hanya jalanan lengang juga halaman asri di rumah-rumah penduduk desa sepanjang jalan menuju Kalibiru.

 

Kalibiru adalah salah satu tempat wisata yang juga memiliki destinasi wisata alam di Yogyakarta yang sedang menghangat belakangan ini. Lagi – lagi adalah karena keberadaan social media. Apalagi lokasi Kalibiru ini tidak jauh. Lokasinya terletak di sebelah barat Kota Yogyakarta, 40 Kilometer. Tepatnya berada di desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo.

Siapapun tidak menyangka kalau ada tempat yang menyenangkan seperti Kalibiru di Kabupaten Kulonprogo. Padahal sebelumnya tempat ini sering dipandang sebelah mata. Dengan keberadaan Hutan Wisata Kalibiru, mengukuhkan kalau Kabupaten Kulonprogo memiliki pesona alam yang tak kalah menarik dengan wilayah lain di Yogyakarta.

Kalibiru

Destinasi yang makin populer, si Kalibiru ini merupakan hutan wisata yang dikelola dengan baik oleh masyarakat setempat. Sajian utama dari tempat ini adalah jalur treking yang cukup menantang, homestay yang nyaman, gardu pandang dengan view yang menakjubkan, camping ground, dan juga fasilitas outbond. Sementara yang paling terkenal dari Kalibiru adalah pemandangan landsekap Perbukitan Menoreh yang menghijau serta panorama Waduk Sermo yang cantik.

Pun berada di ketinggian sekitar 450 mdpl, Kalibiru sudah dilengkapi dengan areal parkir yang cukup luas, kios makanan, fasilitas mck yang bersih. Disebutkan kalau disana juga sudah ada homestay atau pondok wisata yang berjumlah 6 buah. Masing – masing dari homestay sendiri bisa menampung 10 – 15 orang. Harga yang ditawarkan pun cukup kompetitif, mulai dari IDR 120.000 per malam untuk satu homestay. Karena itu Kalibiru ini adalah tempat yang menyenangkan untuk gathering, atau bahkan sebuah wekend getaway retreat.

 

Seperti yang disebutkan sebelumnya Kalibiru menjadi sangat populer ketika foto tempat ini muncul di sebuah akun instagram. Yaitu foto seseorang sedang berada di atas menara pandang, sebuah pohon yang ada di Kalibiru dengan latar belakang Waduk Sermo dan kawasan Menoreh pada waktu sunset. Nah, karena foto itu Kalibiru pun menjadi tempat wisata yang ngehits di Yogyakarta.

Padahal menara pandang tersebut sebelumnya adalah tempat dimulai dan berakhirnya jalur outbond yang ada di Kalibiru. Namun sekarang, menara pandang tersebut malah lebih sering dipakau sebagai tempat berfoto para traveler yang berkunjung kesini.

 

Untuk naik ke gardu pandang yang berupa pohon dengan pemandangan menwawan tadi teman – teman traveler harus naik dengan tangga. Sedikit ngeri memang, tetapi tenang saja karena akan ada penjaga yang membantu mengamankan teman – teman traveler. Demi kenyamanan dan alasan keselamatan pengunjung, tiap pengunjung yang ingin berfoto di gardu pandang harus mengenakan harness. Selain itu juga ada biaya tambahan sebesar IDR 10.000 untuk berfoto di pohon ini.

senja di kalibiru

Kalibiru

Disarankan teman – teman traveler datang ke Kalibiru ketika sore hari, saat matahari mulai meredup perlahan dan suasana di Kalibiru menjadi romantis… buat yang enggak jomblo. Memang pemandangan terbaik dari sebuah gardu pandang yang berupa pohon yang terletak di pinggir jurang tadi adalah ketika senja.

Jangan ragu lagi untuk naik ke atas gardu pandang di Kalibiru, duduk dengan tenang, hiruplah perlahan segarnya udara sekitar, arahkan pandangan ke sekeliling area Kalibiru. Nikmati setiap detik yang berlalu sambil melihat lansekap Perbukitan Menoreh dan Waduk Sermo yang perlahan mulai ditelan oleh kegelapan malam.

Back To Home

Kunjungi Fanspage Kami

Copyright @2017 CESSA TRANSPORT JOGJAKARTA. All rights reserved